Anak Tidur Siang... Perlu Gak Yaaa?

Jumat, 07 Desember 2012


Geregetaaaan... makin hari Annabel tidur siangnya makin susah... maeeeen terus... energinya emang Alkaline kok anak ini :D Tapi kalo gak tidur siang, ntar sore menjelang malam pasti sudah ngantuk... dan sudah bisa dipastikan, tidur siang yang terlambat mengakibatkan tidur malam juga terlambat. Tidur malam terlambat akibatnya gak bisa bangun pagi. Seperti lingkaran setan ( -_-") duuuh *sambil garuk-garuk kepala...
Sebenernya kalau malam tidurnya terlambat, Annabel tetep bisa dibangunkan pagi-pagi, tapi yang ada anaknya lemes & gampang rewel... jadi nggak tega deh :P

Sooo... kalo gak tidur siang, kira2 pengaruhnya apa ya ke Annabel? Apalagi Annabel masih 2 thn... masih balita... Eh waktu googling, ternyata nemu banyak artikel yang mengarahkan, bahwa tidur siang terutama pada balita itu memang perlu :P 
Berikut rangkumannya :

Perlukah anak tidur siang?
Tidur siang itu ternyata penting, karena tidur siang membantu perkembangan psikologis anak. Perilaku anak yang tidak tidur siang lebih signifikan mengalami gejala hiperaktif, gelisah dan depresi. 
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan tidur siang:
1. Mengembalikan kondisi fisik dan mental.
2. Mudah berkonsentrasi.
3. Mudah berkomunikasi dan menangkap pembicaraan.
4. Mudah beradaptasi.

Beberapa orang tua mengganggap bahwa jika anak tidur siang, akan mempengaruhi waktu tidur malamnya. Ini ada benarnya, karena anak memang memiliki kebutuhan total waktu tidur.
·         Usia 1 sampai 3 tahun  
Balita umumnya butuh tidur 10 sampai 13 jam, termasuk tidur siang 1 sampai 3 jam. Hindari anak tidur sejenak sebelum 
jam tidur malamnya, karena akan membuatnya sulit tidur.
·         Usia 3 sampai 5 tahun 
Balita seumur ini, butuh tidur 10 sampai 12 jam sehari. Biasanya masih membutuhkan tidur siang, namun jika tidak memungkinkan, anak Anda butuh tidur malam lebih awal.
·         Usia 5 sampai 12 tahun 
Anak seumur ini, butuh tidur 10 sampai 11 jam sehari. Anak dapat tidur siang 1-2 jam, untuk menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas di sekolah.

Jika anak tidur siang terlalu lama, maka jam tidur malamnya akan berkurang. 
Namun tanpa tidur siang, anak akan cenderung menjadi rewel berkepanjangan, kurang konsentrasi, susah bergaul. 
Anak yang rajin tidur siang, akan lebih tenang dan nyenyak saat tidur dimalam hari, sementara anak yang jarang tidur siang dan sangat kelelahan, justru akan sering terbangun dimalam hari.

Jadi... apakah anak memang harus tidur siang?
Sebaiknya iya, namun bagi anak usia sekolah, pada prinsipnya tidur siang bukan keharusan. Tidak disarankan bila anak mulai tidur pukul 18.00 sore. Sebab, waktu tidur siang yang terlalu dekat dengan waktu tidur malam akan membuat anak tidak siap untuk tidur kembali. Setelah terbangun badannya kembali segar dan tidak bisa tidur malam tepat waktu, akibatnya, keesokan harinya sulit bangun.
Sebaiknya tetapkanlah waktu tidur siang yang teratur, agar pembiasaan semacam itu akan memudahkan anak "menyetel" jam biologisnya. Kalau sudah terbiasa, tanpa disuruh pun anak akan pergi tidur dengan sendirinya

Kualitas tidur saat tidur siang juga berpengaruh. Anak yang tidak tenang saat tidur siang, justru akan merasa lelah saat bangun tidur. Karena itu usahakan agar anak juga mendapatkan kualitas tidur siang yang baik. 


  • Biarkan anak beraktivitas aktif (minimal 1jam) sebelum tidur siang, bila sudah lelah, mulai rewel atau menggosok-gosok matanya, segera ajak anak berbaring di tempat tidurnya.
  • Bila anak sulit tidur, terutama pada balita 3thn ke atas yang lebih suka bermain daripada tidur, berikan dia buku cerita dan biarkan dia bermain dengan tenang di ranjang, sampai tertidur dengan sendirinya.
  • Bagi sebagian anak, musik, cahaya yang redup dan cerita pendek dapat menjadi penghantar tidur yang baik. Jaga agar suhu kamar tetap sejuk dan tenangkan seluruh kondisi rumah.

sumber :
http://meetdoctor.com/article/porsi-tidur-anak-sesuai-dengan-usianya
http://www.ibudanbalita.com/diskusi/pertanyaan/56/Bagaimana-mengatasi-anak-sulit-tidur-siang-
http://bpt.sragenkab.go.id/berita/2011/06juni/anaktidursiang.html
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/ajak.balita.tidur.siang/001/001/1479/50/-/4
http://www.tabloid-nakita.com/read/163/haruskah-tidur-siang

0 comments:

Posting Komentar

 
Novy Binarti © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting, Forum Jual Beli and Business Solutions